Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AYAT MAS


Moving Image
Ditanam,disiram,bertumbuh,berbuat dan berbuah lebat.

MEMAKNAI KATA CUKUP


Mat 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.

Menurut KBBI arti kata cukup adalah....
Dapat memenuhi kebutuhan.

Cukup menurut rasul Paulus adalah....
1Tim 6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. (yang setuju angkat tangan)
Sdr saat dimedan perang Ukraina ayat ini sangat berlaku,atau saat virus korona ganas-ganasnya tahun lalu. bagaimana jika keadaan bukan pengkodisian???

Cukup menurut Raja Salomo adalah....
Ams 25:16 ¶ Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya. (Cukup=Tidak boleh terlalu kenyang, kalau digenjot pasti muntah, yang setuju angkat tangan)

MENGAPA KITA BINGUNG MENGARTIKAN KATA CUKUP?

Karena kata "cukup" ini seringkali dikaitkan dengan berkat yang bisa dilihat, bisa dihitung, bisa dinikmati, sehingga logika kita tidak mau menerima jika "cuma" makanan dan pakaian saja, padahal hidup butuh paket data, butuh kendaraan,meja kursi,fasilitas bagus dll.

SEBETULNYA APA MAKNA SECUKUPNYA?
Matius 6:11  Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.
Cukup diartikan "cukup"untuk ukuran perut saya, ukuran baju saya, ukuran kecerdasan saya dll.(itulah yang direkom/rujukan oleh Tuhan jika saya meminta)

MEMANG UKURAN CUKUP BUAT SAYA, BERBEDA MAKNA DENGAN SDR.

Satu piring nasi membuat cukup kenyang untuk Joni, tetapi bagi Jono 3 piring baru bisa membuat cukup kenyang. Dua-duanya sama cukup, tetapi jumlah nasi yang dimakan berbeda volumenya.

Bagi orang yang belum berkeluarga 500rb - 1juta/bulan hidup didesa sudah cukup, namun di kota, minim sekali, terlebih bagi yang berkeluarga setahu saya uang sgitu belum cukup, karena cukup kadangkala sebuah fakta realitas tentang nominal yang tidak bisa dikompromi, tidak perduli sdr SMA, S2, Gemuk atau kurus... kalau sama-sama tinggal dijakarta, uang 2jt,3jt tidak akan bisa menghidupi dengan layak dalam keluarga walaupun dicukup-cukupkan. Sebab itu hari ini banyak orang yang kota mencari rumah dipinggiraan kota demi mengejar ketercukupan.

Ini kecukupan yang tidak bisa dikompromi, Ini fakta yang harus ada solusinya setiap hari, ini seringkali juga menjadi pemicu pertengkaran keluarga, perselingkuhan,bahkan perceraian, pemicu anak kurang gizi. (harus berani tirakat, doa puasa)

CUKUP KADANG JUGA SOAL RASA/BUKAN NOMINAL LAGI
Bagi orang biasa, 2 cabe sudah cukup. Namun bagi orang yang hobi pedas 10 cabe kadang masih kurang, 20 pun masih kurang, 1kg juga tetap mau. Karena  "cukup" disini berarti soal rasa/kepuasan.

Kadangkala kecukupan jenis inilah yang  harus dibatasi.(disinilah tempatnya orang rakus, tamak,kikir bersembunyi, karena mereka tidak tahu diri terhadap jalur berkatnya Tuhan)

CONTOH
Si A pakai okol (kekuatan fisik) baru mendapatkan uang, Si B cukup memakai akal tanpa okol sudah bisa  mendapatkan uang., harusnya bersyukur tidak!!

Si C mati-matian untuk mendapat 500-1jt per bulan,Namun Si D tidak ada masalah mendapatkan nominal tersebut, harusnya bersyukur tidak!! kenyataannya, diarea inilah banyak anak Tuhan kehilangan rasa syukur.

Orang tamak,rakus kecukupannya bukan ditentukan ukuran piring nasinya, namun ditentukan kepuasannya.(Untuk menjauhkan dari sifat rakus,tamak, maka Firman menganjurkan ujilah Tuhan... sisihkan 10% dari laba bersih sdr untuk Tuhan, itu akan menuntun kita kepada kesadaran rohani tentang apakah berkat dan bagaimana sikap kita dalam memaknai arti "cukup")

BAGAIMANA JIKA DITUNGGU-TUNGGU TETAP BELUM CUKUP

Bicara cukup, kitalah yang harus mencukupkan diri, kitalah yang menentukannya, artinya menyesuaikan keadaan. Walaupun sebetulnya dua lombok tadi tidak cukup namun berhubung lombok mahal maka, cukup gk cukup dicukup2kan.

Cukup soal rasa bisa dikendalikan, namun cukup yang berkaitan dengan fakta nominal sebetulnya tidak bisa dikompromi.(terlebih jika punya anak kecil,anak sekolah, punya tanggungan) 
 
Namun jika Tuhan tetap ijinkan seperti itu, kita harus bisa menyesuaikan keadaan, sdr harus berusaha melihat sisi baiknya, menggali apa tujuan Tuhan tsb situasi tsb.
 
Flp 4:11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

2Kor 12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. 
 
BAGAIMANA JIKA TUHAN TETAP SAJA IJINKAN MAKA:
Nyender menit demi menit kepada Tuhan. Posisi seperti ini sudah tidak penting lagi kuatir, takut karena tidak akan mengubah keadaan,gak usah ribet mikir tabungan, mikir masa depan.. opo jare Tuhan. 
fokus kesatu titik yaitu pegang janji Tuhan..jika aku lemah, maka aku kuat, biar Tuhan yang atur.

BAGAIMANA JIKA DICUKUP-CUKUPKAN TETAP GAK CUKUP?
Ibrani 13:5b...cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. 
 
Artinya libatkan semua potensi yang ada. Apakah yang ada padamu?... anak?... kerahkan semua potensi. libatkan semua, bekerjasama agar bisa cukup... Tuhan selalu punya cara.
 
Banyak orang sukses dimulai dari rasa perih, rasa sakit. Lakukan apa yang menjadi bagian kita, jangan jual diri dengan cara mencuri, menipu walaupun tidak cukup, melanggar firman dengan alasan ekonomi. Jangan!!! percayalah Tuhan pasti menyertai kita. By Pdt. Agus WInardi.

Posting Komentar untuk "MEMAKNAI KATA CUKUP"