Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AYAT MAS


Moving Image
Ditanam,disiram,bertumbuh,berbuat dan berbuah lebat.

JATUH YANG BAGAIMANA?

Mzm 37:23 TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; Mzm 37:24 apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

ADA DUA MACAM KEJATUHAN:

1. Jatuh karena dosa, jatuh dengan kesadaran penuh, sengaja berjalan diluar Tuhan,sengaja menyangkal Tuhan,ini jenis jatuh yang dipilih orang tersebut!!! ini adalah kejatuhan yang kadangkala tidak bisa tertolong. Ini kejatuhan yang khusus dilakukan oleh seorang anak Tuhan, bukan diluar anak Tuhan. 2Ptr 2:20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.

HATI-HATI DENGAN PILIHAN:

Lot kehilangan keluarganya, hartanya karena pilihan. (dia yang dengan sadar tanpa paksaan memilih sodom gomora)
Simson kehilangan matanya diawali karena salah pilihan. (Simson sadar tanpa paksaan memilih Delila

Renungan pagi tgl 6 Feb 2023... "menolak berkat demi berkat" Mrk 5:16 Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu menceriterakan kepada mereka tentang apa yang telah terjadi atas orang yang kerasukan setan itu, dan tentang babi-babi itu. Mrk 5:17 Lalu mereka mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka. 

CIRI-CIRINYA ADALAH:
Sudah diingatkan tetap saja melangkah, bahasa prancisnya "ngeyel"

Dari sini kita belajar bahwa tidak semua kejatuhan akan bisa dipulihkan,(ini kejatuhan karena pilihan) terkecuali ada intervensi dari sorga. 

Anak terhilang yang tertulis dalam injil Luk 15:12... Nakal dan memilih tersesat dalam hutan pencobaan. ternyata dia bisa kembali pulang.(intervensi sorga)
Daud... dengan sadar membunuh Uria, agar istrinya bisa diambil, dia atur skenario sedemikian rupa agar niatnya terlihat rapi, ternyata Daud bisa pulang didalam ketersesatanya karena (intervensi Sorga)

Jangan coba-coba... takutnya sdr tidak kebagian kesempatan! Rm 11:22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga.

KALAU SAYA MENGALAMI BAGAIMANA?

Jalan keluarnya adalah bertobat, memohon belaskasihan Tuhan, sekalipun pertobatan tersebut tidak akan mengembalikan hak miliknya Lot, tidak bisa mengembalikan dua mata Simson, tidak bisa mengembalikan nyawa Uria sekalipun Daud sadar dan bertobat berpuasa  puasa 7 hari(Jemaat jagan main-main diarea ini... )

**Ilustrasi gelas pecah di lem, bisa kembali berfungsi, namun tidak bisa kembali utuh seperti sebelumnya.

2. Jenis jatuh karena gagal,jatuh tidak mampu memikul,jatuh karena tersandung, karena tidak fokus, jatuh karena ketidak mengertian/bukan karena pilihan.
Yer 18:4 Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya...

"Kejatuhan" inilah yang dimaksud Tuhan, apabila ia jatuh, tidak sampai tergeletak, sebab Tuhan akan menopang tangannya.Sekalipun jatuh bukanlah pilihan, namun jika terlanjur jatuh....cepat bangkit sebab Tuhan pasti campur tangan.

Ams 24:16 Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana. 

Mik 7:8 Janganlah bersukacita atas aku, hai musuhku! Sekalipun aku jatuh, aku akan bangun pula, sekalipun aku duduk dalam gelap, TUHAN akan menjadi terangku.

Mzm 34:19  TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Tuhan pasti pulihkan. Amin (Pdt. Agus Winardi)






Posting Komentar untuk "JATUH YANG BAGAIMANA?"