Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AYAT MAS


Moving Image
Ditanam,disiram,bertumbuh,berbuat dan berbuah lebat.

JANGAN MENGHAKIMI


Rm 14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!


Apakah kita akan diam jika ada sdr yang salah. Kalau kita menegor "eh..kamu sudah salah lho???? apakah itu termasuk menghakimi?

Menghakimi berasal dari kata Yunani "KRINO"

Seorang anak Tuhan tidak boleh menjadi Tuhan2 yang kecil untuk orang lain. Seorang anak Tuhan harusnya tidak memberikan hukuman atau membela seseorang.(netral ditengah). Netral bukan berarti diam, urusanmu urusanmu, urusanku urusanku,bukan!!!

Seorang anak Tuhan tugasnya menjaga hukum, mereka adalah penjaga hukum yang mengungkap kebenaran berdasarkan alkitab. Menilai, mempertimbangkan, membedakan/memisahkan benar & salah secara jelas. (berani berkata salah atau benar namun referensinya bukan pendapat pribadi, bukan perasaan iri, bukan perasaan keberpihakan, harus murni karena kebenaran firman berkata demikian.

ETIKA MENGHAKIMI:

Pastikan tidak ada celah dalam diri-sendiri.
Mat 7:3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?
Mat 7:4 Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.
Mat 7:5 Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."
(Sebab suara anda pasti tidak akan dipercaya, walaupun itu sebuah kebenaran)

Pastikan tidak menjadi bumerang buat diri sendiri:
1Tim 3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah?
1Tim 3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.
1Tim 3:8 ¶ Demikian juga diaken-diaken haruslah orang terhormat, jangan bercabang lidah, jangan penggemar anggur, jangan serakah,
1Tim 3:9 melainkan orang yang memelihara rahasia iman dalam hati nurani yang suci. (semua harus dimulai dari diri sendiri, jangan orang lain)

Tergorlah sdr yang bersalah dengan etika,rendah hati.
Mat 18:15 ¶ "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Untuk ayat 16,17... (saya blm bisa lakukan)

Bukan karena merasa lebih unggul. 
Luk 18:11 Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini;
 
Hakimilah berdasarkan kenyataan, bukan perkiraan (Ams. 18:13; 1 Tim. 5:19; 2 Pet. 2:9)
Ams 18:13 ¶ Jikalau seseorang memberi jawab sebelum mendengar, itulah kebodohan dan kecelaannya.
 
Hakimilah tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan etika iman yang diajarkan Alkitab misal pergi kedukun, kawin campur,bekerja yang tidak sesuai firman, walaupun didunia umum bukanlah kesalahan. Bukan hal pribadi misalkan cara makan, cara tidur,cara menyanyi)Rm 14:1 ¶ Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya.
Jangan menghakimi karena motivasi iri, rasa tidak suka, atau kita merasa lebih benar. Tetapi hendaknya 'motivasi' kita adalah 100% untuk Allah. Jadi 100% membangun. Yoh 12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" Yoh 12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.


Jangan terlalu gampang dan cepat menyalahkan orang lain sebelum mengetahui seluruh persoalannya lebih dulu terlebih itu (katanya/jarene). Bdk. Yoh 7:24 “Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil”. 

AYAT PENUTUP:
Sdr...terlepas menghakimi juga dibenarkan oleh Tuhan, lebih baik saling membangun dari pada salibg menghakimi.

Yak 4:12b Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?

 Tuhan memberkati. Pdt. Agus Winardi


Posting Komentar untuk " JANGAN MENGHAKIMI"