Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AYAT MAS


Moving Image
Ditanam,disiram,bertumbuh,berbuat dan berbuah lebat.

SEPERTI MASUK LUBANG JARUM

Markus 10:24 Murid-murid-Nya tercengang mendengar perkataan-Nya itu. Tetapi Yesus menyambung lagi: "Anak-anak-Ku, alangkah sukarnya masuk ke dalam Kerajaan Allah.
Matius 7:14 karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

Kata sulit, sempit, sukar adalah penggambaran sesuatu yang tidak mudah kalau kita kritis hal tsb berlawanan dengan Slogan kita, sorga itu gampang, bukan moga-moga.

Namun mengapa dikatakan sukar, sempit?

Mrk 10:25 Lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." 

Apa benar seekor unta dapat masuk ke lubang jarum ?
Pada zaman Tuhan Yesus (± 30 M), di kota Yerusalem terdapat pintu darurat model lorong memanjang dan bagian atasnya melengkung seperti lubang jarum.

Lubang pintu yang disebut lubang jarum adalah bentuk umum lubang pintu orang Yahudi yang serupa dengan lubang jarum sempit memanjang. Tetapi pintu lubang jarum yang berada di tembok pembatas kota baru digunakan bila pintu gerbang kota ditutup setelah ”jam kantor”.Hanya penduduk kota yang bisa masuk lewat pintu lubang jarum yang dijaga tentara.(Pintu gerbangnya Pak Yuli ada pintu lubang jarumnya, mirip tapi tidak sama). Kalau orang ziarah ke Isarel pasti akan diajak kepintu lubang jarum tersebut, untuk ukuran tubuh manusia bisa dengan mudah keluar masuk.

Apakah Unta bisa lewat?

Bisa lewat lubang jarum, tetapi penumpang dan barang-barangnya harus diturunkan terlebih dulu.
Mengapa? Karena harus diperiksa oleh penjaga pintu,apakah ia penduduk kota dan barang-barangpun harus diperiksa oleh petugas, kena pajak atau tidak. Kalau penumpang atau bebannya tidak diturunkan dari onta maka rombongan jelas sudah pasti tidak akan dijinkan masuk melalui lobang jarum tersebut.

"Ini menggambarkan, beban dosa, beban yang tidak berguna harus dibuang supaya masuk sorga.Orang harus mengikuti aturannya Tuhan, bukan menciptakan aturan sendiri,kalau tetap tidak mau diperiksa maka dipastikan orang tersebut silahkan tetap diluar".


Setelah mengalami pemeriksaan, unta pun harus ditarik masuk kedalam lubang jarum, karena ia binatang jinak yang tidak akan berjalan sendiri tanpa diperintah apalagi melalui jalan sempit di lubang jarum.

Ini sama seperti ucapan Yesus di Yoh 15:5b ....sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.Yoh 6:44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku..."

Unta akan diam saja bila barang-barang dan ikatannya dilepaskan, bahkan diam dan menurut untuk ditarik Yesus masuk lorong yang sempit dan gelap (pintu lubang jarum). Tapi orang kaya belum tentu rela melepaskan ikatan (pikiran) nya,pikirannya sulit untuk tetap ”diam” tidak berpikir akan potensi-potensi hartanya, apalagi harus memikul salib kehidupan dalam melewati lorong gelap dalam hidupnya untuk mengikuti Yesus masuk KerajaanNya dan mengikut Tuhan dengan segala firmanNya.
Agar unta-unta dapat melewatinya, maka unta-unta itu harus berlutut dan merangkak melaluinya. Semua beban berlebihan harus dilepaskan dulu. Yesus minta orang muda-kaya itu untuk melepaskan kelekatan-kelekatannya pada segala yang bersifat materi, seperti yang diperlukan oleh seekor unta untuk lepas dari bebannya yang berlebihan. Yesus minta kepada orang muda-kaya itu untuk menaruh kepercayaan pada Allah agar dapat masuk ke dalam Kerajaan-Nya, bukannya menaruh kepercayaan pada berkat-berkat dari harta-kekayaannya.

PENUTUP:

Baca Markus 10:22-27
Mrk 10:22 Mendengar perkataan itu ia menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyak hartanya.
Mrk 10:23 Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya di sekeliling-Nya dan berkata kepada mereka: "Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah."
Mrk 10:24 Murid-murid-Nya tercengang mendengar perkataan-Nya itu. Tetapi Yesus menyambung lagi: "Anak-anak-Ku, alangkah sukarnya masuk ke dalam Kerajaan Allah.
Mrk 10:25 Lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."
Mrk 10:26 Mereka makin gempar dan berkata seorang kepada yang lain: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?"
Mrk 10:27 Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal itu tidak mungkin, tetapi bukan demikian bagi Allah. Sebab segala sesuatu adalah mungkin bagi Allah."

Masuk sorga sangat sulit bagi orang yang tidak mau tunduk aturanya Firman, namun sangat mudah jika kita mau merendahkan diri, taat, melepaskan beban dosa dan mengikuti apa yang dimau oleh Tuhan Yesus, sebab sorga itu anugerah, bukan dibeli,dibayar dengan amal kita.

Amin, Tuhan memberkati.

Posting Komentar untuk "SEPERTI MASUK LUBANG JARUM"