Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AYAT MAS


Moving Image
Ditanam,disiram,bertumbuh,berbuat dan berbuah lebat.

ISHAK ANAK ABRAHAM 2

 Audio Renungan Klik Disini

Kej 22:2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

Sdr… mengorbankan anak adalah lazim saat itu sebagai ritual penyembahan kepada dewa. Itulah yang dilakukan orang Kanaan jika ingin menunjukan penyembahan dan kesetiaanya kepada dewa yang disembah.

BAGAIMANA DENGAN HARI INI?

Hari ini apapun alasanya,Siapapun yang menyuruhnya, mengorbankan manusia tidaklah dibenarkan.

MENGAPA ALLAH MEMAKAI CARA ITU?
Mengapa Allah menggunakan cara yang digunakan Orang Kanaan untuk menguji iman Abraham?tidakkah ada cara lain yang lebih bersahabat kalau hanya ingin membuktikan kesetiaan?

Sdr…. mengubah persepsi tentang Allah bukanlah hal mudah kalau kita hidup dizaman itu, karena kitab tertulis belum ada. Semua definisi tentang Tuhan adalah katanya orang. termasuk pengertian siapa Tuhan yang benar. Yang mereka tahu untuk membuat DEWA senang maka harus ada pengorbanan.untuk menyatakan kesetiaan, mengorbankan anakpun akan dilakukan.

Saya melihat apa yang dilakukan Allah adalah menghapus persepsi tentang siapa ALLAH didalam pikiran Abraham dan orang-orang disekitarnya.

Allah menghendaki kesetiaan, Allah menguji kesetiaan, namun dia Allah yang menyayangi manusia, Dia tidak akan meminta korban nyawa manusia.

Kej 22:13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya. Kej 22:14 Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan."

Sdr… Kehadiran Ishak mengingatkan kita tentang Jehovah Jireh yang menyediakan, kehadiran Ishak juga menunjukan tentang sifat Allah yang tidak sama dengan allah lain.Amin

(Agus Winardi)

Posting Komentar untuk "ISHAK ANAK ABRAHAM 2"